Wednesday, March 26, 2014

Interaksi Manusia dan Komputer



Keterkaitan IMK dengan Ilmu Lainnya
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) merupakan suatu aktivitas yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,terutama di zaman yang penuh dengan teknologi saat ini. Adapun keterkaitan IMK dengan ilmu dibawah ini:

1. Teknik elektronika & ilmu komputer : Membuat teknologi. Merupakan aspek yang berhubungan dengan hardware dan software yang dapat memberikan kenyamanan terhadap pengguna. Kriteria interface software yang bagus yaitu mudah dioperasikan, mudah dipelajari, dan user merasa senang. Sehingga kita mampu mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam program aplikasi. Dengan kata lain, bidang ini memberikan kita semacam kerangka kerja yang memungkinkan kita untuk merancang sistem interaksi manusia-komputer.



 2. Psikologi : kemampuan memecahkan masalah, persepsi user dan kognitif. Sistem interaksi manusia-komputer juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya, menggunakan persepsi dan pengolahan kognitif serta ketrampilan motorik yagn dimilikinya agar kita dapat menjodohkan mesin dengan manusia untuk mendapatkan kerja sama yang serasi

3. Perancangan Grafik & Tipografi : Presentasi Interface
Memanfaatkan gambar/image sebagai media komunikasi. Keahlian merancang grafik dan tipografi menjadi salah satu kunci penting dalam menunjang keberhasilan sistem manusia-komputer, karena antarmuka yang disusun dapat menjadi semakin luwes.

4. Ergonomik : Kemampuan Fisik User
Aspek fisik dan lingkungan yang akan memberikan kenyamanan bagi pengguna yang biasanya menggunakan komputer dalam waktu lama.
Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yan nyaman

5. Antropologi : Kontribusi Tiap Bidang
Dapat memberikan pandangan mendalam tentang tata kerja berkelompok yang masing-masing anggota memberikan kontribusi sesuai bidangnya. antropologi dapat memberikan suatu pandangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

6. Linguistik : Berhubungan dengan Bahasa
Bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi dengan komputer misalnya bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu atau bahasa perintah. Sarana komunikasi inilah yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berurusan denagn komputer.

7. Sosiologi : Kemampuan Memahami Konsep Interaksi
Mengenai struktur sosial suatu masyarakat tentang
pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial.

8. Faktor Multimedia
Dengan multimedia, tampilan dari suatu interaksi akan menjadi lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna. Contoh : anak-anak sudah bisa memainkan game dengan komputer karena ada banyak konteks multimedia di dalamnya (gambar, suara, teks, grafik dsb

9. Bisnis : Pemasaran

0 comments:

Post a Comment